Transportasi Udara di Ujung Selatan Pulau Rote

Pulau Rote merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Pulau ini terletak di ujung selatan Indonesia dan termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur.  Jika ingin berkunjung ke Pulau Rote kita harus melalui Kupang. Akses dari Kupang ke Rote sebelum tahun 2013 hanya melalui jalur laut menggunakan kapal. Perjalanan menggunakan kapal cepat membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam sedangkan kapal yang membawa kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil dapat menggunakan kapal yang lebih besar membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Pada tahun 2013 Kabupaten Rote sudah dibangun bandara akan tetapi landasan pacunya bisa digunakan jenis pesawat kecil.

Pada Tahun 2014 dengan perkembangan transportasi udara yang cukup signifikan sesuai program pemerintah pusat untuk daerah pulau terluar yang menjadi perhatian khusus kementrian perhubungan. Dengan demikian Kementrian Perhubungan memfokuskan membangun bandara di Kabupaten Rote agar dapat terkoneksi dengan icon-icon pariwisata yang banyak dimiliki oleh pulau Rote. Program pembangunan mulai terealisasi dengan adanya pembangunan dan perluasan terminal bandara yang tampak berbeda penampilannya dengan yang dulu. Begitu juga dengan landasan pacu bandara yang sudah diperpanjang menjadi 1650 meter, sehingga landasan pacu ini dapat digunakan untuk pesawat jenis ATR dengan penumpang 72 orang.

Pada bulan desember 2014 alhamdulillah masyarakat rote dapat menikmati pelayanan maskapai Wings Air dengan penerbangan dari Kupang menuju Pulau Rote. Dengan jadwal penerbangan 3 kali dalam seminggu.  Pembangunan Bandar Udara D.C Saudale Rote merupakan wujud nyata perkembangan transportasi udara yang menjadi program pemerintah untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian diseluruh kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bandar Udara D.C Saudale sangat dirasakan manfaatnya sekali oleh setiap pengguna transportasi udara maupun masyarakat Kabupaten Rote, karena dengan lancarnya transportasi udara akan mengalami peningkatan yang sangat baik dari segi kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara dalam rangka mengunjungi obyek-obyek wisata yang berada di pulau Rote.

Terdiri dengan banyak pulau dengan Ada beberapa tempat wisata yang populer di pulau rote yaitu :

Pantai nembrala memiliki  keindahan panorama ketika senja, jadi jika pengemar selancar pantai nembrala adalah tujuan wisata Rote yang tepat, jika buka pengemar selancar panorama dari Nembrala juga bisa dinikmati dengan santai sembari berjalan-jalan di bibir pantai.

Pantai Boa, Jika menyusuri dari pantai nembrala ke arah timur kita akan menemukan pesona pantai lain yang semakin menggoda.  Pantai itu adalah pantai Bo’a. Pantai Bo’a relatif sama dengan pantai Nembrala indah, mempesona, sunset, dan ombak yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk selancar wisatawan. 

Pantai Oeseli tidak mau kalah keindahannya dan kecantikannya dengan pantai pantai lain di pulau rote. Pantai oeseli ini kita dapat menemukan teluk permata telaga nirwana yang sangat eksotis. Telaga nirwana memiliki batu-batu koral yang berbentuk love yang sangat memanjakan mata, sehingga rasanya betah berlama lama di pantai oeseli. 

Kemudian Kita berjalan ke arah selatan pulau rote di sini kita dapat berwisata ke pantai inaoe. Posisi teluk tersebut ke daratan lebih jauh, dan diapit dengan tebing-tebing karang kokoh yang menjulang tinggi ke angkasa, sehingga sekitar Pantai Inaoe terlihat lebih sejuk dan tertutupi sinar matahari. Pantai Inaoe sangat cocok jika anda ingin berenang, ombaknya sangat bersahabat bagi para pengunjung, sehinga aman untuk melakukan berbagai aktivitas seperti, berenang, mandi, dan main air.

Batu Termanu adalah Sebuah obyek wisata yang mempunyai cerita legenda sangat kuat sekali dengan keindahannya yang begitu istimewa. Batu Termanu sebenarnya merupakan 2 buah bukit berukuran sangat besar yang berada di sebuah tanjung dan di lepas pantai

Tiang Bendera Landmark yang ikon di pantai ini adalah tiang bendera dari beton setinggi 2,5 meter di atas batu karang. Itulah bukti perjuangan warga Pulau Rote mengusir penjajah Belanda dari wilayah mereka beberapa dekade silam.

Gurun Pasir Batefalu Rote Timur, pasir pantai yang menyerupai gurun pasir dikarenakan di apit dua tanjung sehingga arus anggin dari laut membawa pasir dan berwarna kecoklatan.

Pantai oesosole, Terdapat batu raksasa berbentuk hati yang menjadi ikon pantai ini.

Pulau Ndana adalah pulau paling selatan dari NKRI. Pulau ini adalah pulau kosong tak berpenduduk yang saat ini hanya dijaga oleh TNI 

Pantai Lokonamon Mulut Seribu, Mulut Seribu merupakan gugusan pulau-pulau kecil mirip destinasi wisata Raja Ampat di Papua Barat.

Pantai Tj. Pukuafu merupakan paling ujung di rote timur, biasa kapal cepat rote kupang melintasi selat ini.

Dari berbagai destinasi pariwisata di pulau rote sangat membutuhkan transportasi. Keandalan Transportasi Untuk mendukung pariwisata di pulau rote sangat dibutuhkan.  Pariwisata akan berkembang pesat jika transportasi antar pulau dapat terjangkau dengan baik oleh transportasi laut maupun transportasi udara. Transportasi juga membawa perubahan ekonomi masyarakat setempat semakin baik. Dengan kedatangan turis lokal maupun mancanegara akan membuka lapangan pekerjaan bagi saudara kita yang berada di daerah wisata tersebut. Semoga transportasi semakin maju dan modern, baik dari penambahan armada maskapai maupun penambahan rute baru agar akses ke pulau rote bisa lebih baik.  Semoga di masa yang akan datang Bandar udara D.C Saudale dapat dibangun landasan pacu yang panjang dan luas, agar pesawat berjenis Boeing yang dapat membawa penumpang lebih banyak sehingga ekonomi dan pariwisata di rote semakin maju sesuai dengan jumlah kedatangan wisatawan.

website kemenhub :  http://dephub.go.id/

akun instagram kemenhub : https://www.instagram.com/kemenhub151/?hl=id

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *